Matun Padi Demi Suburnya Tanaman Padi


Anggota Koramil 12/Wadaslintang Batuud Pelda Teguh Sunarwan bersama Kelompok Tani Karyatani Dusun Kedawung Desa Tirip melaksanakan kegiatan Upsus  penyiangan tanaman padi (matun) milik Mansyur Jenis padi Ciliwung di lahan seluas sekitar 0,5 Ha dengan pengairan irigasi. (13/04)

Keseriusan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional dibuktikan dengan program Upsus (Upaya Khusus) dan LTT (Luas Tambah Tanam) yang dicanangkan pemerintah melalui Menteri Pertanian dengan menggandeng TNI untuk menyukseskan program swasembada beras. TNI akan terus membantu dan mengawal sampai selesai masa tanam hingga musim panen.

Pelda Teguh Sunarwan mengajak kepada para petani agar tidak hanya menanam saja, tetapi juga merawat tanamannya. Sehingga dengan perawatan tersebut hasil yang didapatkan melalui penyiangan ini rumput tidak akan berkembang dan bibit – bibit padi akan menjadi lebih banyak. “Saya berharap semoga dengan bantuan dari TNI dan semangat dari masyarakat, program Upsus Pajale untuk mencapai target yang sudah dicanangkan  pemerintah daerah dapat terlaksana dengan baik”, ucapnya.
Menurut Pelda Teguh Sunarwan hal ini sudah menjadi tugas TNI untuk mendorong para petani maupun kelompok Tani dalam cipta kondisi ketahanan pangan nasional. Dalam pelaksanaannya para Babinsa harus melakukan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. TNI akan mengawal pendistribusian bibit, pupuk dan sarana produksi pertanian. Tak hanya itu TNI juga melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani dengan bekerja sama dengan PPL Kecamatan sehingga produksi padi di wilayah Kabupaten Wonosobo dapat meningkat dan hasil panen lebih berkualitas.
“Ini merupakan Tugas TNI, Babinsa juga melaksanakan pengawalan hasil produksi yakni mengawal dan mengamankan harga gabah sehingga tidak dimainkan tengkulak dengan intens berkoordinasi dengan Bulog daerah. Jika ini semua dilaksanakan dengan baik oleh Babinsa, target Indonesia dalam hal swasembada pangan akan terwujud sehingga para petani sejahtera” Ucap Pelda Teguh Sunarwan.
Mansyur mengatakan bahwa dengan adanya program Upsus ini dirinya bersama masyarakat khususnya para petani di wilayah Kelurahan Kalibeber merasa sangat terbantu, “hanya terimakasih saja kepada TNI yang dapat saya berikan. Semoga setelah kegiatan ini rampung nanti, harga bahan-bahan pertanian menjadi lebih murah, dan TNI dapat selalu mendampingi kami sebagai petani dalam hal tanam – menanam padi ” ungkapnya.


Pendim 0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *