Sanitasi Mendorong Perubahan Perilaku Higienis


Danramil 08/Sapuran Kapten Czi Sukriadi dan Babinsa Sertu Yoni Puspito menghadiri acara Sosialisasi dan Koordinasi Pembuatan Prasarana Sanitasi  tahun 2019 di Aula kantor kelurahan Sapuran. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Wakil dari Camat Sapuran, Lurah kecamatan Sapuran, Tim dari DPU, Puskesmas kecamatan Sapuran, Ketua RW , RT  dan masyarakat sejumlah kurang lebih 100 orang. (13/03)

Sanitasi total adalah kondisi ketika suatu komunitas tidak buang air besar (BAB) sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman. Sedangkan sarana sanitasi rumah tangga atau sanitasi dasar yang harus dimiliki meliputi sarana luang air besar, sarana pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga.
Sosialisasi ini bertujuan untuk mengubah perilaku higienis melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan untuk mendorong perubahan perilaku higienis dan sanitasi individu dan masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan,pola pikir,perilaku dan kebiasaan individu dan masyarakat.
Menurut Kapten Czi Sukriadi kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam penataan kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu berbagai upaya dilakukan baik oleh TNI dan Pemerintah untuk meningkatkan kesehatan, dimulai dengan usaha prepentif secara individu, kelompok dan menyeluruh.

“Sosialisasi ini adalah salah satu sanitasi total yang merupakan upaya bersama seluruh warga masyarakat, dengan kader sebagai penggerak utama dan pertama,” ungkapnya.“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari,” imbuhnya.
Ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat menuju sejahtera dengan menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkungan dengan membangun jamban keluarga yang sehat. Dan seluruh pemangku jabatan di Kecamatan sapuran turut memberikan dukungan serta motivasi kepada warga masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan.
Sementara itu Lurah Sapuran dalam sambutanya mengucapkan terimakasih banyak atas kegiatan tersebut, dengan menyampaikan motivasi kepada seluruh Warga Masyarakat Kecamatan Sapuran dalam menjaga kesehatan pada lingkunganya.
Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *