Persit Menerima Sosialisasi Jamban

Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Dim 0707/Wonosobo menerima sosialisasi tentang Jambanisasi dari Ketua yayasan Wahana Bakti Sejahtera Dr. Budi Laksana yang menyeponsori kegiatan Jambanisasi di Wilayah Wonosobo. (15/03)

Beliau menyampaikan bahwa permasalahan jamban merupakan masalah yang besar, akan tetapi banyak yang tidak menyadarinya.  Hal ini dibuktikan bahwa penyakit yang sebagaian besar terjadi disebabkan karena sanitasi yang buruk.  Kerugian yang ditanggung mencapi 50 trilyun biaya yang dikeluarkan untuk berobat.  Jika sanitasi baik maka uang sebanyak itu bisa mensejahterakan rakyat.  Untuk itu diharapkan semua pihak ikut peduli menyelesaikan masalah ini.
“Pembuatan jamban itu tidak sulit dan murah.  Hal ini dibuktikan sejak 2019 ini sudah terbangun jamban sejumalh 1.563 buah jamban.  Dengan anggaran yang tidak besar.  Itu semua berkat jasa dari Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE beserta Babinsanya yang tidak mengenal menyerah mengajak masyarakat untuk merubah pola hidup menjadi sehat,” ungkap Beliau.

 “Problem tidak mempunyai jamban dapat menimbulkan banyak orang yang sakit types yang masuk rumah sakit. Ada mitos bahwa masyarakat Wonosobo sulit merubah pola orang  buang sembarangan, mitos tersebut bisa dipatahkan jika semua element masyarakat khususnya para unsur pimpinan bersama – sama menggerakan rakyat untuk hidup sehat.  Ini bisa dibuktikan saat ini di Desa Kopengan Mlandi yang ditargetkan 100 jamban pada kenyataannya bisa sampai 200 jamban dan itu bisa bertambah lagi,” tambahnya.
Dalam kesempatan itu, Ny. Ade Fauzan selaku Ketua Cabang  menyampaikan kepada seluruh anggota Persit untuk menerapkan cara hidup sehat kepada keluarga karena kesehatan adalah pangkal utama dalam kehidupan berkeluarga. Ia menghimbau kepada Persit agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat menuju sejahtera dengan menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkungan dengan membangun jamban keluarga yang sehat.


Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *