Tabur Benih Ikan melestarikan Ekosistem Alam


Danramil 06/Kertek Kapten Inf Punidi melaksanakan tabur benih ikan Nila  sebanyak 70.000 Bibit di Tlogo Bedakah Desa Tlogomulyo Kecamatan Kertek. Tururt hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Muspika Kecamatan Kertek, Kepala PT. Tambi,  Kades Tlogo Mulyo Sukardi Suharyo dan Staf, PKK dan DPR komisi B prov  Dr H. Fery Fermawan ST.MT. (13/03)
Tujuan dari kegiatan tebar benih ikan ini yaitu untuk memulihkan alam terutama Tlogo Bedakah. Dan diharapkan nantinya warga masyarakat jika menangkap ikan tidak menggunakan cara-cara yang dapat merusak keseimbangan alam seperti menyetrom dan meracun ikan. Dengan terjaganya lingkungan yang baik kedepannya diharapkan Desa Tlogomulyo akan menjadi tempat tujuan wisata yang menarik.

Menurut Kapten Inf Punidi kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi  peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum dalam rangka pengelolaan sumber daya perikanan melalui pengendalian dan pemanfaatan yang berpedoman pada kaidah – kaidah pelestarian sumber daya hayati perairan. Untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan di perairan umum. Meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum.
“Penebaran benih ikan tersebut sebagai bentuk kepedulian Koramil terhadap warga di wilayah binaannya, dengan tujuan agar masyarakat merasa memiliki serta turut menjaga dan melestarikan budidaya ikan di kolam,” ungkapnya.
Ia juga mengajak warga untuk mendukung dan selalu menjaga kebersihan Tlaga dari sampah, “jika tidak bersih bisa saja gagal panen,” katanya.
“Setelah ditebarkan benih ikan maka warga masyarakat dilarang menangkap ikan di sungai dengan cara di obati, di setrom dan di jaring yang menyebabkan populasi ikan menurun dan merusak ekosistem,” tambahnya.
Ia berharap dengan penebaran benih ikan tersebut dapat memberi maanfaat bagi masyarakat. Penebaran benih ikan juga agar masyarakat dapat menjaga kelestarian alam dan menjaga kebersihan sungai sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.
Sukardi Suharyo selaku Kepala Desa Tlogomulyo mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan tebar benih ikan ini. Ia berharap semoga kedepanya Tlaga Bedakah ini akan menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya masyarakat di Desa Tlogomulyo.


Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *