Pembersihan Sampah Guna Mewujudkan Kondisi Lingkungan Yang Hijau, Bersih Dan Sehat


Anggota Babinsa Koramil 04/Garung Kopda Mulyono dan Serma Andy bersama DAAI TV (TV Lokal Jakarta Medan) selaku penyelenggara  Noly mengajak masyarakat setempat untuk peduli lingkungan, menjaga kelestarian alam dengan cara membersihkan sampah di Sungai Serayu, tepatnya di komplek PLTA Garung dan menanam 50 pohon Alpukat serta dilanjutkan dengan penebaran Ikan yang berjumlah 2000 ekor Melem,Tawes,Wader Abang. (13/03)

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang Hijau, Bersih dan Sehat. Kegiatan ini adalah wujud nyata kemanunggalan TNI-rakyat.
Menurut Serma Andy pembersihan sungai Serayu ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan sehingga  dilaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan sungai yang sudah banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah.
“Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi musibah, maka kita harus melakukan tindakan preventif yaitu dengan menjaga kondisi tubuh kita dan keluarga sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit, atau dengan membersihkan lingkungan sekitar kita dari genangan air agar tidak terjadi wabah penyakit, seperti membersihkan sungai dan lingkungan sekitar kita dari sampah – sampah yang menumpuk yang akan mengakibatkan banjir,” katanya.

Ia menambahkan, “selain mengantisipasi bencana banjir, kegiatan ini juga untuk membasmi bibit-bibit penyakit yang bersarang di tempat-tempat yang Kotor, karena jika lingkungan sekitar bersih, hijau masyarakat pun akan nyaman ketika beraktifitas,” jelasnya.
Di tengah-tengah kegiatan Serma Andy menyampaikan, “Menjadi Seorang Babinsa harus selalu berada ditengah – tengah masyarakat, serta harus mampu berbaur dengan masyarakat desa binaannya sehingga diharapkan dapat memecahkah permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi. Selain itu Babinsa merupakan Garda terdepan Satuan Kewilayahan yang langsung berhubungan dengan Masyarakat ”.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan Gotong Royong Babinsa dengan Masyarakat di desa Binaanya, Sehingga menumbukan kebersamaan, persatuan dan kesatuan di antara kita serta merupakan Budaya Bangsa Indonesia dalam rangka memelihara kebersihan lingkungan sekitar,” pungkasnya.
Serma Andy berpesan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, karena dampaknya akan menumpuk yang bisa mengakibatkan aliran sungai tersumbat dan menjadi tidak lancar sehingga air sungai bisa meluap dan mengenangi wilayah sekitar.
Noly selaku penyelenggara dari DAAI TV (TV Lokal Jakarta Medan) serta masyarakat mengucapkan terimakasih banyak kepada anggota TNI khususnya Koramil 04/Garung yang ikut dalam kegiatan ini. Ia berharap dengan kegiatan ini masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar.


Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *