Babinsa Dampingi Petani Penyiangan Rumput Pada Tanaman Padi


Danramil Koramil 03/Mojotengah Kapten Inf Panut bersama Babinsa  membantu masyarakat menyiangi rumput (Matun)  tanaman padi berjenis Barito  di sawah milik Mustamat Rt 01/Rw 04 Dusun Sukorejo Kecamatan Mojotengah dengan luas sawah 2000 m. (12/03)
Dengan tidak ada rasa ragu Danramil dan Babinsa serta petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Menurut Danramil Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal.  Keberadaan gulma yang sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida tertentu, karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.
“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi pada yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,” kata Danramil.Danramil juga mengatakan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan ini merupakan tugas tambahan selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping tugas pokok yang diembannya.

"Ini bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan, selain itu kehadirannya juga guna memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat dan mengelola tanaman padinya hingga masa panen tiba hasilnya lebih optimal," ungkapnya.
Harapan dengan dilakukannya pendampingan penyiangan tanaman padi petani akan tumbuh subur dan sehat sehingga pada saat panen nanti tidak mengecewakan.
Mustamat sangat berterima kasih kepada para Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani. Sehingga para petani khususnya di Dusun Sukorejo Kecamatan Mojotengah ini mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menyiangi padi dengan benar. Ia juga berharap dengan adanya pendampingan seperti ini, kedepannya akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan dan memuaskan.
Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *