Pj Sekda beserta Forkopimda Pantau Posko Lebaran, Secara Umum Siap Terima Arus Mudik

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, M.Zuhri, beserta Kapolres, Dandim dan beberapa OPD serta instansi terkait, melakukan pantauan di 4 Posko Pengaman (Pos Pam) Lebaran, yakni di Pos Pam Kertek, Mendolo, Sawangan, dan Taman Plaza Wonosobo, Senin, 11 Juni 2018.
Menurut M.Zuhri, Wonosobo secara umum siap menyambut para pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya, untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat di Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Dari hasil pantauan di empat Pos Pam tersebut, didapati bahwa semua personel telah siap memberikan pengamanan dan pelayanan ekstra selama arus mudik dan arus balik lebaran. Beberapa fasilitas yang diperlukan bagi pemudik yang disediakan di Pos Pam juga sudah layak, mulai dari persediaan obat-obatan sampai peralatan medis.
Selain kesiapan pengamanan, dalam kesempatan pemantauan tersebut, M.Zuhri juga menyoroti kesiapan tenaga kesehatan. Untuk antisipasi dan pelayanan bagi para pemudik yang membutuhkan bantuan atau pelayanan, terkait kesehatan serta kejadian kecelakaan, yang bisa setiap saat menimpa pemudik, menurutnya sudah selayaknya diantisipasi dengan kesiapan para petugas medis yang memadai. Termasuk meminta kepada Dinas Kesehatan dan RSUD Krt.Setonegoro, untuk menyiagakan rumah sakit dan puskesmas serta personil medis terutama UGD dalam pertolongan pertama pada korban kecalakaan lalu lintas, yang mana hal ini diharapkan tidak terjadi di lebaran tahun ini.
Khusus untuk keamanan kendaran, pihaknya bekerjasa sama dengan Kepolisian Resort Wonosobo, telah menyediakan lokasi check point kendaraan di Desa Candiyasan Kecamatan Kertek. Lokasi ini bisa digunakan buat pengecekan kendaraan untuk mendinginkan rem dan mesin, guna menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di jalur turunan Parakan-Kertek, berupa rem blong. Sekda menghimbau kepada pemudik agar selalu berhati-hati dan waspada sesuai arahan Kapolda, Kapolres dan Dandim, utamanya bagi pengendara roda dua, harus ekstra hati-hati.
Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, S.IK, ketika ditemui di sela pemantauan Pos Pam menegaskan, bahwa untuk personel yang akan bertugas di setiap pos pengamanan telah siap sedia. Menurutnya, para petugas, baik dari POLRI, KODIM, unsur Pemkab, hingga organisasi masyarakat dan Pramuka sudah siap di 5 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan. Kelima Pos PAM yang dimaksud, menurut Abdul Waras ada di pertigaan depan pasar Kertek dengan jumlah personel 34 orang dari POLRI yang bertugas mengatur lalu lintas agar kemacetan tidak terjadi terlalu parah dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, pertigaan Taman Makam Pahlawan Wiropati sebanyak 29 personil POLRI dengan tugas pengamanan pemusatan pemudik dan masyarakat serta kelancaran lalu lintas, simpang tiga Pasar Selomerto sebanyak 24 personil yang bertugas pengamanan dan mengatur lalu lintas, Pos Pam Pasar Induk Wonosobo sebanyak 34 personil, yang bertugas menangani keamanan masyarakat di sekitar pusat perbelanjaan dan perekonomian masyarakat, mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kesemrawutan termasuk keamanan secara umum, dan Pos Pam simpang tiga Dieng sebanyak 34 personil yang bertugas mengatus lalu lintas serta pengamanan bagi wisatawan di seputar kawasan Dieng. Sementara 1 Pos Pelayanan disiagakan di Taman Plaza Wonosobo, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang tengah berbelanja di pusat perbelanjaan dan pasar, serta hal-hal lain yang dibutuhkan pemudik maupun masyarakat.
Terkait peningkatan volume kendaraan dari pemudik sendiri, sampai hari Senin atau H-4 lebaran menurut Kapolres, meski ada peningkatan tapi belum begitu siginifikan, hanya sekitar 10 persen. Arus lalu lintas terpantau masih lancar, kendaraan tidak begitu padat dan masih bisa dikendalikan. Kepada pemudik Kapolres minta untuk berhati-hati, selalu jaga kondisi dan jika lelah jangan terlalu dipaksa. Mereka diminta memanfaatkan rest area yang sudah disipapkan Pemerintah maupun LSM, seperti di Perbatasan Temanggung Wonosobo di Kledung, di lahan perkebunan PT.Tambi di Kertek, maupun di Desa Candiyasan, sehingga pemudik bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.
Sementara Komandan KODIM 0707 Wonosobo, Letkol.CZI.Fauzal Fadli, SE, menyampaikan, dari pantauan ini diharapkan selain menjamin kesiapan petugas di Pos Pam lebaran juga untuk memberikan semangat petugas yang nantinya akan bertugas selama pelaksanaan lebaran Idul Fitri tahun 2018. Dandim menambahkan, pihaknya telah menyediakan rest area di seluruh Koramil di wilayah KODIM 0707 Wonosobo, yang disediakan buat para pengemudi yang kelelahan atau kendaraannya mengalami masalah, serta ada laporan gangguan keamanan. Pemudik bisa beristirahat di seluruh Koramil, yang diinstruksikan siaga 24 jam dengan sistem piket. Disini pihaknya menyediakan tempat sholat, makanan dan minuman.
Pihaknya juga menyiagakan petugas untuk membantu pihak terkait, jika ada pemudik yang alami gangguan keamanan seperti kecopetan dan kena bius, di beberapa titik, seperti di terminal induk Wonosobo, untuk selanjutnya petugas tersebut bisa langsung on call kepada petugas terkait untuk segera dilakukan penanganan.
Terkait kewaspadaan akan terjadinya bencana alam, pihaknya beserta pihak terkait seperti BPBD, Pemerintah Kecamatan maupun Kepolisian, telah melakukan langkah-langkah antisipatif dengan menyiagakan personil dan peralatan di tiap Koramil, Polsek dan Kantor Kecamatan, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Termasuk menyiapkan helipad di Kalianget, sesuai arahan dari pusat, yang mana hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan lalu lintas yang parah diluar prediksi, seperti yang terjadi tahun kemarin di Brebes. Pihaknya mengantisipasi hal ini untuk bisa mengurai kemacetan parah jika terjadi di wilayah Wonosobo. Jika dibutuhkan, pihaknya tinggal contact pusat dan akan didatangkan helikopter yang diturunkan di helipad Kalianget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *