Kodim layani pemudik dengan sediakan Rest Area

Hari raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi.  Berbagai persiapan penyambutan telah dipersiapkan jauh hari.  Baik institusi pemerintah, swasta bahkan sampai tingkat perorangan. Salah satunya rutinitas yang dilakukan warga yang ada diluar daerah adalah Mudik.Mudik  merupakan tradisi tahunan yang dilakukan warga muslim yang berada diluar daerah, dengan tujuan ingin merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara dikampung halaman. Namun kenyataan yang ada tradisi ini juga bukan hanya dilakukan oleh warga muslim saja, warga yamg beragama lainpun momen mudik tidak disiakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar mereka. Kartena pada saat tersebut kebanyakan keluarga sedang pada berkumpul, biasanya di tempart orang tua masing-masing. Senin(11/6).
Untuk membantu kelancaran mudik Kodim 0707/Wonosobo ikut berperan serta dengan menyediakan Rest Area  kebutuhan rakyatnya, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan TNI dengan rakyat, seperti slogan yang didengungkan “TNI siap membantu kesulitan rakyat”.  Maka untuk mewujudkan kebersamaan itu Kodim Wonosobo menyiapkan Rest Area ( tempat istirahat ) bagi para pemudik atau pengguna jalan yang kebetulan lewat disekitar rest area, dan membutuhkan tempat untuk istirahat sebentar kemudian melanjutkan perjalanan lagi ketempat tujuan dengan aman. Dalam kesempatan tersebut Kodim Wonosobo menyiapkan 16 tempat rest area yaitu di Makodim, di tiap Koramil  jajaran Kodim Wonosobo. Dengan fasilitas yang disediakan tempat istirahat berupa tempat tidur, air minum, snak ringan, mushola, toilet/kamar mandi.    Rest area tidak hanya di Wonosobo akan tetapi terdapat diseluruh jajaran TNI se Indonesia karena sudah menjadi instruksi dari Komando Atas.
Letkol.Czi.Fauzan Fadli, SE,menyampaikan, dari pantauan ini diharapkan selain menjamin kesiapan petugas di Pos Pam lebaran juga untuk memberikan semangat petugas yang nantinya aka bertugas selama pelaksanaan lebaran Idul Fitri tahun 2018. Dandim menambahkan,pihaknya telah menyediakan rest area di seluruh Koramil di wilayah kodim 0707/Wonosobo, yang disediakan buat para pengemudi yang kelelahan ataukendaraannya mengalami masalah, serta ada laporan gangguan keamanan.
Pemudik bisa beristirahat di seluruh Koramil, yang diinstruksikan siaga 24 jam dengan sistem piket. Disini pihaknya menyediakan tempat sholat, makanan dan minuman. Pihaknya juga menyiagakan petugas untuk membantu pihak terkait, jika ada pemudik yang alami gangguan keamanan seperti kecopetan dan kena bius, di beberapa titik, seperti di terminal induk Wonosobo, untuk selanjutnya petugas tersebut bisa langsung on call kepada petugas terkait untuk segera dilakukan penanganan,
Penyelenggaraan rest area dimulai dari H-7 sampai dengan H + 7 perayaan hari raya Idul Fitri. Letkol Fauzan  menyampaikan kepada para pengguna jalan silahkan gunakan fasilitas rest area yang disediakan oleh TNI dimanapun,  jangan takut menggunakan fasilitas yang sudah disediakan. Sudah tidak jamannya lagi rakyat takut dengan TNI.  Justru dengan adanya rest area diharapkan adanya kedekatan rakyat dengan TNI, sambil istirahat dengan nyaman dan aman bisa bercengkrama dengan prajurit yang ada dilokasi itu.  Semua fasilitas yang disediakan adalah gratis.  Jangan sungkan dan tidak usah takut demikian penekanan beliau.
Harapan dengan adanya rest area tersebut adalah bisa mengurangi tingkat kecelakaan bagi para pengguna jalan raya. Sebab apabila kita melakukan perjalanan jauh dan kondisi sudah capek harus istirahat.   Rest area tidak hanya untuk para pemudik saja akan tetapi siapa saja yang membutuhkan bisa menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *