Pelatih Yong Moodo Kodim menyandang Dan I

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan  prajurit, anggota Kodim 0707/Wonosobo mengasah kemampuan dengan melaksanakan latihan bela diri Yong Moodo secara rutin. Latihan Yong Moodo berlangsung di alun alun Wonosobo, Rabu (16/3).
Latihan bela diri Yong Moodo prajurit Kodim 0707/Wonosobo dilaksanakan rutin setiap Rabu secara bertahap, bertingkat dan berlanjut yang bertujuan meningkatkan kemampuan teknik-teknik dasar bela diri Yong Moodo dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan dan kecepatan gerakan. Dibawah pelatih Sertu Lalu Ahmad Turmudzi yang menyandang predikat Dan 1, dan mengantongi sertifikat dari Korea dan Disjasad.
Sertu Lalu Ahmad Turmudzi pada kesempatan terpisah menyampaikan latihan Yong Moodo bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit, teknik dasar, mengedepankan kekuatan dan kecepatan untuk bertarung jarak dekat. Diharapkan setiap prajurit dapat menjadi benteng pertahanan dan menambah kepercayaan diri dalam melaksanakan tugas sebagai prajurit teritorial.
Laksanakan latihan dengan semangat dan sungguh-sungguh serta tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan personel. Yong moodo merupakan gabungan berbagai macam beladiri  yang dikombinasikan dari
gerakan taekwondo, hapkido, kumbo, judo, gulat dan jujitsu. Bela diri ini setiap gerakan sangat berisiko, apabila salah dalam berlatih dapat mengakibatkan cidera serius. Setiap prajurit dalam berlatih harus memperhatikan, mengikuti petunjuk dan instruksi pelatih dengan seksama, agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada diri prajurit”, ungkapnya.
Tahun yang silam saya dipercaya satuan untuk mengikuti pendidikan beladiri militer yong moodo selama tiga bulan di Rindam IV/Diponegoro. Ke depannya, diharapkan saya bisa jadi pelatih di satuan saya.  Yongmoodo membutuhkan fisik dan stamina yang prima untuk menekuninya.  “Beladiri yong moodo ini banyak materi bantingan dan kuncian,” jelasnya rinci. Dengan berbekal tekad yang bulat tidak surut menekuni yong moodo. Bahkan berharap bisa  berangkat ke Korea untuk langsung mengambil Dan 2. Yong moodo sendiri memiliki tujuan positif melatih keberanian serta patriotisme kepada prajurit sebagai garda terdepan mengamankan wilayah NKRI. Secara spesifik yong moodo merupakan olahraga gabungan dari beladiri perkelahian jarak dekat.
Sekali lagi saya ingatkan “Faktor keamanan dan keselamatan personel menjadi prioritas utama karena, salah gerakan akan berakibat fatal”. Dan perlu dipahami bagi prajurit, dengan mengikuti latihan bela diri Yong Moodo , dapat melatih mengendalian diri dan emosi diri prajurit. Karenanya, pahami dan hayati teknik-teknik dasar bela diri ini dan gunakan hanya untuk situasi dan kondisi yang benar”, pungkas Lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *