Koramil Bekerjasama Karya Bakti Irigasi

 

Babinsa Sapuran Koramil 08/Sapuran dan Babinsa Kepil Koramil 09/Kepil  Kodim 0707 Wonosobo, melaksanakan kerja bakti pembuatan saluran irigasi di Dusun Sempon didesa pundung pacelan Sapuran.(09/04).

Saluran irigasi dengan  lebar 2 m, panjang 20 meter  dibangun  oleh anggota Kodim 0707 Wonosobo dengan perangkat desa dan juga warga tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Selain itu juga untuk memperlancar saluran air karena apabila hujan deras air sering meluap kejalan sehingga disamping mengganggu pengguna jalan juga menghambat petani dalam mengairi sawah. Dan yang paling penting adalah saluran irigasi yang sudah dibangun nantinya dapat untuk mengairi sawah yang terletak di Dusun Pundung Sapuran.

Menurut Danra

mil 08/Sapuran Kapten Inf Iwan Nafarin menyampaikan bahwa sistem pengerjaan pembangunan saluran irigasi dilakukan secara bergotong royong oleh para petani pemilik lahan di dua dusun tersebut dengan sistim bergantian setiap harinya,  namun untuk tukang batu dibayar dengan sistim harian.

Kapten I

nf Sugeng H mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang telah ikut serta dalam kerja bakti pengerjaan saluran irigasi karena dengan kehadiran babinsa ditengah masyarakat dapat memberikan semangat. Gotong royong merupakan ciri kas dari masyarakat pedesaan yang harus tetap dipupuk dan dilestarikan karena dengan bergotong royong pekerjaan yan

g berat akan terasa ringan, Selain itu dengan gotong royong akan timbul semangat kebersamaan, rasa peduli terhadap lingkungan serta rasa tanggung jawab kata babinsa disela – sela karya bakti.

Serda Mamad dan Koptu Kriswanto juga mengatakan bahwa babinsa selaku aparat satuan komando kewilayahan harus selalu rajin turun kedesa  binaannya untuk membantu kesulitan masyarakat. Dengan selalu turun kedesa binaan, babinsa bisa dengan cepat mengetahui apabila ada permasalahan warga binaannya, baik  masalah sosial, bencana alam seperti angin puting beliung maupun tanah longsor sehingga bisa diambil langkah – langkah yang tepat.

kegiatan gotong- royong ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik maka harus dilakukan pembersihan gorong-gorong yang tersumbat, agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar. “Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani. Pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *