Babinsa motivator petani

Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan oleh petani, pasalnya setiap kali di sawah petani selalu dibantu oleh anggota TNIAD. Seperti yang dilakukan oleh Serma Niso, Babinsa di wilayah Desa Sempol, Kalikajar, Kamis (26/4),membantu tanam padi jenis ciherang dilahan milik Sutarno seluas 0,5 ha dengan metode jajar legowo di desa binaannya.

Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan.Selain ikut memberikan penyuluhan, tentara juga ikut mendampingi petani panen perdana padi. Kali ini adalah tanam padi varietas ciherang di area sawah Sutarno dengan luas 0,5 ha.

Pada kesempatan itu Babinsa Sempol Serma Niso mengatakan sebagai aparat teritorial, Babinsa mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan. “Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan. “Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegas Niso.

Sementara Sutarno petani pemilik lahan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah membantunya dimusim tanam padi kali ini, diakuinya mulai dari pengolahan lahan selalu diberikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur dan hasil panen sesuai dengan yang petani harapkan. ”Saya sangat bangga dengan Babinsa yang selalu mendampingi kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi, hingga hasilnyapun sangat memuaskan, ”terangnya.

Pendim 0707/Wsb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *