Pentingnya Menjaga Kesehatan Diri

Kesehatan merupakan anugrah dari Tuhan yang tidak dapat ternilai harganya,  dengan sehat kita akan bisa melakukan apa saja. Hidup juga akan terasa nyaman tentram dan bahagia apabila kita dalam segar bugar.  Demikian penyampaian wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Ny. Endang Jaka Susila dalam acara penyuluhan kesehatan dalam rangka HUT Persit ke 72 bertempat di aula Kodim 0707/Wonosobo, dengan mengudang narasumber dr. Fiyosteen Kusuma.(26/3)

Dalam kesempatan tersebut Ny. Endang Jaka Susila mengingatkan kepada anggota Persit Cabang XXVII agar mengikuti ceramah kesehatan ini dengan sungguh – sungguh.  Karena materi yang sampaikan berkaitan dengan pribadi kita yaitu agar kita bisa terhindar dari Kanker servik dan kanker payudara.  Kalau kita sehat maka keluarga juga akan ikut senang.  Dengan mengetahui gejala secara dini dan tahu cara pencegahannya maka kita akan lebih berhati – hati dalam menjaga pola hidup ini, sebab hampir semua penyakit itu disebabkan karena tingkah laku kita sendiri.

Dr. Fiyosteen Kusuma mengikatkan bahwa saat ini kanker servik merupakan penyakit yang menghantui kaum wanita.  Karena penyakit itu begitu dasyatnya dampak yang ditimbulkan kalau kita sampai terkena,  apalagi kita mengetahui sudah dalam stadium tinggi sulit dalam penanganannya.

Penyakit ini muncul terjadi karena pola hidup kita yang tidak sehat dan dilakukan dalam jangka waktu lama secara terus menerus tanpa kita sadarinya.  Penyebab dari kanker servik adalah Infeksi human papilloma virus. Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan dapat meningkatkan risiko terkena HPV 16 dan 18.  Penyebab lain adalah Merokok. Tembakau mengandung banyak zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Wanita yang merokok memiliki risiko hingga dua kali lebih besar dibanding wanita non-perokok dalam terkena kanker serviks. Imunosupresi. Pengobatan atau kondisi yang mempengaruhi sistem imun, seperti human immunodeficiency virus (HIV), virus yang menyebabkan AIDS, bisa meningkatkan risiko terkena infeksi HPV dan jadi penyebab kanker serviks.

Hubungan seksual terlalu dini, merokok, gonta ganti pasangan seksual dan kurangnya mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan dapat juga kita terkena penyakit kanker servik.  Untuk itu yang paling penting dilakukan adalah kita harus bisa hidup sehat.

Pola hidup sehat yang dianjurkan oleh dr. Fiyosteen adalah rajin berolah raga, biasakan makan sayur dan buah yang beraneka ragam setiap hari, kurangi lemak, tidak merokok dan jangan sampai kita menjadi perokok pasif, serta tidak gonta ganti pasangan seksualitas.  Yang paling penting adalah sering kita memeriksakan diri ke petugas kesehatan setiap 1 tahun sekali.

Pendim 0707/wsb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *