BABINSA BANTU PENGUBINAN

BABINSA BANTU PENGUBINAN

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil-08/Sapuran membantu petani melaksanakan pengubinan dan panen padi dilahan mi

lik Tamsis, Jumat(9/3). Dibawah naungan poktan Makem Tani blok Sibatok, Singopadu, Glagah, Sapuran, Wonosobo. Luas lahan yang diubin 0,3 ha dengan varietas padi C-4, dengan menggunakan sistim 2;1 jajar legowo.

Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani dalam pelaksanaan pengubinan. Dari hasil pengubinan jumlah rumpun 25, jumlah anakan 18 batang, berat 5,61 kg. Serka Tugiman selaku babi

nsa merasa senang bisa membantu petani dan bekerja sama dengan PPL. Dengan demikian banyak ilmu yang bisa kitra serap untuk b

ekal kita nanti seusai pensiun. Lebih lanjut petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan "jajar legowo", dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

"Pada program ketahanan pangan di Wonosobo, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan

membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan," tuturnya.

Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola "jajar legowo", tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya. Anggota TNI bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Wonosobo, dan Sapuran pada khususnya" katanya.

Pendim 0707/Wsb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *