Nasi Megono Andalan

Saat melepas lelah membangun akses jalan desa Pagerejo menuju desa Purwojati, anggota Kodim 0707 bersama warga berbaur menyantap hidangan yang telah disediakan. Hampir tiada jarak kedekatan TNI dengan rakyat dan ini bisa tersirat dari situasi yang ada, Nasi megono berlauk tempe kemul adalah hidangan yang disantap oleh warga dan anggota kodim 0707 dalam Pra TMMD reguler 100.

Jangan bayangkan kota Pekalongan bila mendengar kata Nasi Megono di Wonosobo, meski namanya sama tapi punya perwujudan bahan dasar sayur yang berbeda. Nasi megono kota pekalongan didominasi bahan dasar Nangka muda yang dicacah halus dengan bumbu rempah Khas Megono. Sedangkan Nasi Megono di Wonosobo berbahan dasar Kol/kubis dengan bumbu khas megono yang relatif sama dengan megono daerah lain, nasi megono dengan bahan dasar kubis juga biasanya dicampur dengan udang kering (sering disebut Ebi) atau ditambahkan dengan “teri”.

Dalam kepercayaannya warga di Wonosobo, nasi megono dipilih menjadi sarana diberbagai kegiatan yang salah satunya saat bergotong-royong, karena nasi Megono sendiri memiliki arti “sak mergo-mergone ono”(rejeki akan selalu ada lewat jalan mana saja asal berusaha) dan itu salah satu mengapa Nasi Megono dipilih menjadi hidangan saat melakukan kegiatan gotong royong.

red.pendim0707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *