RAKERDA PENDIDIKAN KAB WONOSOBO

RAKERDA1 RAKERDA2 RAKERDA3        

MENDORONG PENDIDIKAN YANG EFEKTIF, EFISIEN DAN AKUNTABEL

UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

  Melihat fenomena saat ini dimadia masa baik di televisi maupun surat kabar dunia pendidikan bangsa Indonesia banyak terjadi problem mulai dari kenakalan anak sekolah seperti perkelahian antar pelajar, ujian mencontek, pergaulan bebas dikalangan pelajar, anak sekolah terkena narkoba dan lain sebagainya, yang semua itu dari tahun ke tahun intensitasnya meningkat walaupun banyak pelajar kita yang dapat prestasi dari tingkat nasional sampai tingkat internasional. Untuk menyikapi permasalahan tersebut Muspida Wonosobo mengadakan Rapat Kerja Daerah Pendidikan dengan menghadirkan seluruh komponen pendidikan dari tingkat SD sampai SLTA se Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Kepala Dinas pendidikan, Pengawas Sekolah, organisasi masyarakat dan kepemudaan dengan jumlah undangan sebanyak 815 orang bertempat di gedung Adipura Wonosobo dengan narasumber Bupati Wonosobo, Kodim 0707/Wsb, Polres Wonosobo, Kejaksaan Negeri Wonosobo. Kodim 0707/Wonosobo yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Suratman dengan tema Reakatualisasi wawasan kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme sebagai unsur pendidikan karakter bangsa.  Dengan maksud agar generasi muda khususnya pelajar memahami akan pentingnya wawasan kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme agar mereka tidak mudah terpengaruh oleh budaya – budaya yang tidak sesuai dengan bangsa Indonesia. Sehingga saat ini para pelajar mulai mengarah kepada adanya kekurang disiplin, kurangnya rasa tanggung jawab siswa erhadap peranya sebaai pelajar, ketidak jujuran.   Jika kita runtut permasalahan tersebut berakar pada pemasalahan karakter dan moral yang mengalami degradasi sebagai dampak dari globalisasi informasi dan teknologi. Sejatinya pendidikan menjadi pintu utama dalam memupuk, memperbaiki dan meningkatkan karaker bangsa.   Pendidikan yang dilakukan dengan pengelolaan yang baik mendorong watak dan karakter bangsa yang akan memperkuat Negara kita.  Oleh karena itu,   dari berbagai permasalahan yang sudah disebutkan diatas, perlu sebuah forum bersama untuk membahas beberapa isu penting untuk mewujudkan tata kelola pendidikan yang efektif, efisien, dan akuntabel.  Mengingat tata kelola merupakan sebuah konstruksi yang komperhensif dan bersifat multi sektoral, maka ide dan gagasan pemikiran dari berbagai elemen pemangku kepentingan pendidikan diperlukan agar bisa dituangkan dalam kebijakan yang lebih implementatif dan operasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *